STUDENT MOBILITY OUTBOND 2023

Malaysia. 24 Oktober – 4 November 2023, 12 mahasiswa dari 12 fakultas yang berbeda mengikuti program Student Mobility Outbond (SMO) 2023 yang diwadahi oleh PLKI (Pusat Layanan Kerjasama Internasional) UIN Jakarta dalam rangka internasionalisasi kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan berlangsung selama 12 hari di Putrajaya, Malaysia sejak awal keberangkatan pada Selasa, 24 Oktober 2023 pukul 04.15 WIB, dan kepulangan pada Sabtu, 4 November 2023 pukul 22.10 waktu Malaysia menggunakan penerbangan via Soekarno Hatta – KLIA.

Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta juga ikut andil dalam program ini dengan mengirimkan satu delegasi mahasiswa jurusan Kimia angkatan 2020 bernama Afiq Muzaqi. “Semoga lancar dan sukses kegiatannya” pesan ibu Dr. Hendrawati, M.Si., Ketua Prodi Kimia FST dalam suatu perbincangan.

Kegiatan SMO 2023 ini merupakan agenda pertama student mobility dan kerjasama antara PLKI UIN Jakarta dengan Institut Pengajian Sains Sosial Universitas Purta Malaysia (IPSAS UPM). Agenda yang dilakukan disana antara lain: pelatihan berupa materi, visiting kampus UPM, visiting beberapa kantor kementerian di Putrajaya, dan tour ke beberapa tempat di Kuala Lumpur. Selama 12 hari disana, mahasiswa dilatih untuk dapat belajar secara langsung di lingkungan baru, mempelajari kultur budaya, menambah wawasan baik dari penjabaran materi maupun dari masyarakat setempat.

“Bagi saya, pemuda yang baru pertama kali ke luar negeri, perjalanan kemarin adalah hal yang begitu mendebarkan. Hidup jauh dari tanah yang biasa dipijak, bersosialisasi dengan masyarakat setempat disana, meningkatkan rasa penasaran saya dan motivasi untuk mengeksplorasi negara-negara yang lain”. Ujar Afiq.

Semoga eksistensi program Student Mobility ini dapat menjadi wadah, sarana, dan fasilitas bagi mahasiswa untuk bisa mendapatkan wawasan internasional, pandangan yang lebih luas, dan kesempatan serta peluang yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *