Seminar K3 2022 : Penerapan Budaya K3 sebagai peningkatan Zero Accident di Lingkungan Laboratorium

Jakarta. Selasa (06/09/2022), Program Studi Kimia bersama Laboratory Management of Chemistry (LMC) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan kegitan rutin setiap tahun yang bernama Seminar K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja).  Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari salah satu Divisi LMC yaitu Divisi Kesehatan Keselamatan Kerja (K3). Seminar K3 ini bekerja sama dengan 1 media partner yaitu Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka).

Acara ini dilaksanakan oleh pengurus Laboratory Management of Chemistry (LMC) yang diketuai oleh Siti Saadah. Seminar K3 diselenggarakan selama 1 hari, yaitu pada tanggal 6 September 2022 mengangkat tema “Penerapan Budaya K3 Sebagai Upaya Peningkatan Program Zero Accident di Lingkungan Laboratorium”. Acara ini dilaksanakan di Teater Lt.4 Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Seminar K3 ini dihadiri oleh 97 orang yang terdiri dari seluruh mahasiswa/i baru program studi Kimia angkatan 2022. Selain itu, acara ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Kimia, Ketua Pusat Laboratorium Terpadu (PLT), Pembina Laboratory Management of Chemistry (LMC) dan Narasumber acara. Seminar K3 ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa baru tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja dalam laboratorium.

Acara diawali oleh Selah dan Salwa Nabila Hanum mahasiswi aktif Kimia 2021 selaku Master of Ceremony (MC). Setelah itu, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Marhamatussyifa.  Sesi awal diisi oleh beberapa sambutan antara lain Ketua Pelaksana, Siti Saadah;  Ketua Laboratory Management of Chemistry (LMC) periode 2022-2023, La Viola Michelle Sampaleng; Pembina Laboratory Management of Chemistry (LMC), Dr. Adi Riyadi, M.Si;  Ketua Program Studi Kimia, Dr. La Ode Sumarlin, M.Si.  Dalam sambutannya, semua pihak menekankan pentingnya kegiatan seminar K3 ini dilakukan, yaitu agar mahasiswa kimia khususnya angkatan 2022 yang sangat dekat dengan aktivitas dilaboratorium Kimia dan tetap memperhatikan aspek-aspek save and security dalam bekerja.  

Untuk memotivasi mahasiswa dalam kegiatan ini juga menghadirkan Ketua LMC pertama yang saat sedang menimba ilmu di salah satau Perguruan Tinggi di Jepang yaitu  Tahta Muslim Karim, M.Si. Diharapkan makin memberikan dorongan agar memiliki agar terus bersemangat dalam kegiatan perkuliahan pada umumnya tanpa melupakan aspek-aspek keamanan yang optimal.

Selanjutnya paparan materi oleh Narasumber Bapak Ivan Sarifudin, S.T. dipandu oleh Moderator yaitu Serly Nuraini. Narasumber adalah  Trainer K3 Laboratorium Tersertifikasi BNSP LabMania Indonesia.  Beberapa materi yang relevan antara lain tentang Material Safety Data Sheet (MSDS) bahan kimia, Alat Pelindung Diri (APD). Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi atau meminimalisir kecelakaan saat di laboratorium. Selain itu, materi tentang incompatible chemical atau istilah tentang beberapa bahan yang tidak boleh berinteraksi satu sama lain, baik dalam penyimpanan, pengiriman maupun pemakaian. Khusus ahui Alat Pelindung Diri (APD), pemateri juga menjelaskan kegunaan dan jenis-jenisnya seperti pelindung mata, pelindung pernapasan, pelindung tangan, pelindung dari bahaya jatuh, pelindung kepala, pelindung telinga dan pelindung wajah saat memasuki laboratorium. Tak lupa narasumber mengingatkan perlunya perhatian terhadap pperalatan standar yang diperlukan di dalam laboratorium yaitu pemadam api ringan (APAR), shower dan eye shower, spill kit, alat P3K serta Material Safety Data Sheet (MSDS). 

Secara umum seminar K3 ini banyak memberikan manfaat untuk mahasiswa baru Kimia angkatan 2022. Hal ini sangat relevan karena mereka akan masuk ke laboratorium dengan berbagai potensi bahaya khusus berkenaan dengan bahan-bahan kimia. Sambil menegaskan pula agar “Fokus aja dulu kuliah sampai lulus karena yang susah itu lulusnya kalo udah kerja gampang”.

Setelah pemaparan materi, terdapat sesi tanya jawab. Para penanya berasal dari mahasiswa baru Kimia angkatan 2022 dengan mengajukan pertanyaan yang sangat luar biasa dan jawaban dari Bapak Ivan Sarifudin, S.T yang sangat informatif tentunya. Tak lupa pula, memberikan cinderamata untuk Bapak Ivan Sarifudin, S.T sebagai ucapan terima kasih yang diberikan langsung oleh Pembina Laboratory Management of Chemistry (LMC) yaitu Bapak Dr. Adi Riyadi, M.Si.

Acara selanjutnya yaitu games dan kuis di pandu langsung oleh moderator yaitu Serly Nuraini dan MC yaitu Salwa Nabila Hanum. Cara permainan games yaitu menebak judul lagu dan penyanyi dari lagu tersebut. Selain itu, ada kuis menggunakan fitur quiziz yang diambil dari materi yang telah disampaikan sebelumnya. Banyak sekali mahasiswa baru yang sangat antusias karena peserta yang dapat menjawab mendapatkan gift dari panitia yaitu notebook yang berlogo Laboratory Management of Chemistry (LMC). Pada games dan kuis ini diambil 5 pemenang yang hadiahnya diberikan langsung oleh Ketua Pelaksana Seminar K3 yaitu Siti Saadah.

Acara ini ditutup dengan sesi pembacaan do’a dan sesi foto bersama peserta Seminar K3 2022 dan seluruh panitia yang telah hadir. Pembacaan do’a ini dipimpin langsung oleh Ana Rozihatul’ala mahasiswi aktif Kimia 2021. Semoga acara ini memberikan motivasi untuk terus bekerja dengan baik dan meningkatkan skill di laboratorium kimia UIN Jakarta, tanpa melupakan aspek save and security(LMC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *