TALKSHOW FIND YOUR CHEMISTRY: KIMIA BAHAN ALAM

Jakarta, Sabtu 26 Maret 2022. Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka) kembali menyelenggarakan Talkshow Find Your Chemistry, yang bertemakan Kimia Bahan Alam, Talkshow ini merupakan takhshow kedua, dan kegitannya tidak kalah menarik dari taklshow pekan lalu dengan meriah melalui aplikasi Zoom Meeting. 

Talkshow ini dihadiri oleh 84 participant yang terdiri dari mahasiswa aktif program studi kimia, Kepala Program Studi Jurusan Kimia, Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia (Himka), dan Narasumber acara. Talkshow ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa agar lebih mengenal bidang-bidang peminatan kimia yang umum ditemukan di Kimia UIN Jakarta. Selain itu, diadakannya acara ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait riset, PKL dan implementasi kerja di bidang kimia kedepannya.

            Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Ilham Kurniawan dan Keysha Amanda Zascha, mahasiswa aktif Kimia 2020 dan 2021 selaku pembawa acara pada talkshow ini. Diakhir-akhir sesi pembukaan dilakukan promosi gerai himka, yang merupakan suatu e-commers yang mewadahi kreatifitas mahasiswa kimia dalam bidang berwirausaha.

Selanjutnya, sebelum masuk ke acara inti, terdapat sesi sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Pelaksana Talkshow Find Your Chemistry yaitu Dimas Iswan Ahmadi, dilanjut sambutan kedua disampaikan oleh Rafi Naufaldi Haikal selaku Ketua Himpuna Mahasiswa Kimia (Himka) dan sambutan ketiga disampaikan oleh Dr. La Ode Sumarlin M. Si, selaku Kepala Program Studi Kimia dan dilanjut foto bersama dengan Bapak Kepala Prodi, Bapak La ode Sumarlin, dikarenakan Bapak La Ode tidak bisa mengikuti rangkaian acara hingga akhir.

Selanjutnya memasuki inti acara, meskipun dilaksanakan secara daring penyampain materi tetap berjalan kondusif dan tersampaikan dengan baik oleh 2 narasumber yaitu Bapak Tarso Rudiana, M. Si, selaku dosen  Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Kak Ario Bisma Adiyasa, S.Si selaku alumni Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Acara talkshow ini memberikan banyak manfaat. Dengan dilakukannya talkshow (interaksi tanya jawab) materi dapat ditangkap dengan mudah oleh peserta acara. MC membacakan pertanyaan tentang kimia bahan alam, pertanyaan ini dari peserta yang berantusias bertanya melalui link gfrom yang disebarkan sebelum acara talkshow. Dan pertanyaannya tidak jauh berbeda dengan taklshow pekan lalu. Pertanyaan tersebut mulai dari apa itu kimia bahan alam, matakuliah apa saja yan relevan, tempat PKL yang sesuai, begaimana riset yang dijalani, hingga prospek kerja dibidang kimia bahan alam.


Beberapa hal yang sangat fundamental dari jawaban kedua narasumber bahwa kimia bahan alam merupakan suatu prinsip studi yang berkaitan dengan senyawa-senyawa yang terkandung di alam, sepeti tumbuhan dan mineral. Kimia bahan alam masih memiliki cabang ilmu, diantaranya kimia organik bahan alam, kimia mineral bahan alam dan lainnya. Untuk peminat penelitian kimia bahan alam di UIN sendiri saat ini masih minim, ujar pak Tarso. Namun beliau menambahkan, bahwasanya hal ini menjadi tantangan baginya untuk merubah pola pikir mahasiswa kimia UIN Jakarta agar menyukai bidang kimia bahan alam. Berkaitan dengan penelitian Kak Ario, selaku alumni pun menambahkan. “Pada dasarnya penelitian kimia bahan alam ini sangat menyenangkan, penuh tantangan dan disitu kita akan menemukan kegembiraan untuk terus mencari tau apa itu kimia bahan alam.” Selain menantang penelitiannya, ternyata di kimia bahan alampun sangat tinggi prospek tempat PKL dan pekerjaannya. Mulai dari insntansi pertanian, peternakan hingga penelitian membutuhkan tenaga ahli yang menguasai kimia bahan alam.


Selanjutnya, dilanjut pada sesi mitos dan fakta. di bagian ini MC menanyakan kepada kedua narasumber beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh mahasiswa benar atau tidaknya hal tersebut. Kedua narasumber menjawab dengan interaktif, jawaban pada sesi ini bersifat opini sehingga jawaban dari kedua narasumber beberapa kali terdapat yang berlawanan pendapat. Hal ini menjadikan acara talkshow ini menarik, dengan hal tersebut mahasiswa dapat mengetahui dua sudut pandang berbeda. Sudut pandang pertama dari Bapak Tarso selaku dosen kimia lingkungan UIN Jakarta dan sudut pandang kedua dari kak Ario selaku alumni kimia UIN Jakarta

Kemudian setelah acara talkshow dan mitos dan fakta, panitia memberikan kenang-kenangan kepada narasumber berupa sertifikat. Sertifikat ini diberikan secara simbolik sebagai bentuk terimakasih dan apresiasi panitia kepada narasumber.

Setelah itu, diadakan game session yang dipandu oleh MC Ilham Kurniawan dan Keysha Amanda Zascha. Pada sesi ini, para peserta talkshow menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam slide PPT dan bagi yang ingin menjawab bisa menggunakan piture raise hand yang ada di zoom. Diadakan games ini untuk menghidupkan kembali semangat peserta talkshow.


Setelah games selesai, pengumuman point lalu didapatkan satu pemenang dan sekaligus diumumkan pemenang pertanyaan terbaik. Pertanyaan ini diambil dari link pendaftaran yang dibuat oleh panitia sebelum acaranya digelar.

Acara ini ditutup dengan sesi pembacaan do’a dan sesi foto bersama peserta Talkshow Kimia lingkungan dan seluruh panitia yang telah hadir. Pembacaan do’a ini dipimpin langsung oleh Maulana Hasan Al Ghifari mahasiswa Kimia 2021. Acara pun selesai, mewakili seluruh panitia Ilham Kurniawan dan Keysha Amanda Zascha selaku pembawa acara menutup acara talkshow ini dengan penyampaian terimakasih dan permohonan maaf.

Demikianlah acara Talkshow Find Your Chemistry dengan tema Kimia Bahan Alam. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh mahasiswa, agar lebih mengenal bidang-bidang kimia peminatan yang umum ditemukan di Kimia UIN Jakarta, dan untuk meningkatkan wawasan peserta terkait bidang-bidang Ilmu Kimia yang relavan terhadap riset dan implementasinya dikehidupan pekerjaan. We are Chemistry, We are Family!

(HIMKA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *