CIV (Chemistry In Village) 2023

Bogor. Departemen Sosial Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta telah menyelenggarakan kegitan tahunan yang bernama CIV (Chemistry In Village) yang merupakan wujud nyata dalam menerapkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. CIV (Chemistry In Village) 2023 ini bekerja sama dengan 10 media partner yaitu Madingevent.id, Infokupedia, Webinar Indonesia Info, Info Lomba Nasional, Event Nasional, Ikutevent, Acarakampus.com, Seputar Info, Ruang Mahasiswa, Seputar Event, serta satu perusahaan sponsorship yaitu INISABLON SCREEN PRINTING.

Acara ini dilaksanakan oleh mahasiswa aktif prodi kimia angkatan 2021 yang diketuai oleh Haris Muhammad Suswanegara. CIV tahun ini diselenggarakan selama 5 hari, yaitu pada tanggal 14 sampai 18 Agustus 2023 dengan tema “Kembara Bakti: Menggetarkan Hati melalui Langkah dan Aksi” di Desa Dago Rabak RT 01 / RW 03, Dago, Parungpanjang, Bogor, Jawa Barat.

Hari pertama, 14 Agustus 2023, diawali dengan pemberangkatan panitia ke Desa Dago Rabak, Bogor. Kegiatan dilanjutkan dengan kerja bakti di perpustakaan SDN Dago 02 sebagai tempat peristirahatan panitia, dilanjutkan dengan pembungkusan sembako, dan renovasi lapangan SDN Dago 02.

Pada hari kedua, 15 Agustus 2023, kegiatan diawali dengan pembukaan acara CIV (Chemistry In Village) 2023 yang bertempat di Balai Desa Dago. Pembukaan ini dihadiri oleh masyarakat sekitar, perwakilan staff dan Menteri Departemen Sosial yaitu Nazmi Khaerunnisa dan Septya Andiyani, perwakilan alumni Kimia UIN Jakarta yaitu Deni Kurnia Putera, S.Si, dosen-dosen dari prodi kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan tokoh-tokoh masyarakat dari Desa Dago Rabak, Bogor. Pembukaan CIV diawali dengan pembukaan oleh MC yaitu Sabrina Azzahra, dilanjutkan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh wakil ketua pelaksana CIV yaitu Faisal Hadi, ketua Himka periode 2023 yaitu M. Daffa Putra Hamidi, kepala program studi kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yaitu Ibu Dr. Hendrawati, M.Si, kepala Sekolah SDN Dago 02 yaitu Bapak Muslih, dan kepala Desa Dago yaitu Bapak Muhdom. Setelah sambutan, diberikan gambaran umum mengenai CIV beserta program kerjanya, yang dijelaskan oleh Haris Muhammad Suswanegara selaku ketua pelaksana.

Acara dilanjutkan dengan penyuluhan-penyuluhan yang disampaikan langsung oleh dosen-dosen dari kimia UIN Jakarta, penyuluhan pertama yaitu mengenai pangan halal yang disampaikan oleh Bapak Dr. Sandra Hermanto, M.Si, beliau menjelaskan mengenai tata cara agar sebuah produk mendapatkan sertifikat halal. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyuluhan tentang kebun TOGA oleh Ibu Anna Muawanah, M.Si, beliau menjelaskan mengenai tanaman yang termasuk kedalam TOGA (Tanaman Obat dan Kosmetik Keluarga) yang bermanfaat untuk pengobatan sehari-hari dan kosmetik bahan alam, seperti lidah buaya, kumis kucing, mahkota dewa, sirih merah, jahe merah, daun kelor, dan daun bidara. Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu Desa Dago Rabak RT 01 / RW 03.

Di waktu yang sama dengan penyuluhan, terdapat acara belajar mengajar yang bertempat di SDN Dago 02. Kelas 1-3 yang terdiri dari 35 siswa/i membahas materi mengenai kesenian menggambar bertema kemerdekaan. Kelas 4-6 yang terdiri dari 30 siswa/i membahas materi mengenai kesenian menyanyikan berbagai lagu daerah. Selanjutnya setelah shalat zuhur, acara dilanjutkan dengan kegiatan pembuatan kerajinan tangan oleh siswa/i SDN Dago 02 sebanyak 30 siswa/i dengan agenda pembuatan pot tanaman hias dari daur ulang botol plastik bekas. Kegiatan ini dilakukan di halaman depan sekolah dengan jumlah siswa/i sebanyak 30 orang. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengaji, terdiri dari 28 siswa/i, membahas mengenai kisah-kisah nabi dan rasul Allah.

Kegiatan terakhir pada hari kedua CIV yaitu rapat dan sosialisasi pembagian kupon sembako dari panitia CIV kepada para ketua RT di RW 03 Desa Dago Rabak, yang terdiri dari 5 RT, yaitu RT 1-5. Kupon sembako diberikan kepada para ketua RT guna menghindari terjadinya salah sasaran sehingga bantuan sembako sampai kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Setiap RT di RW 03 Desa Dago Rabak mendapatkan bantuan sembako sebanyak 24 kupon.
Pada hari ketiga, 16 Agustus 2023, diawali dengan kegiatan renovasi dan bersih-bersih mushola, serta renovasi lapangan yang bertempatan tepat di depan SDN Dago 02. Renovasi mushola diwujudkan dengan pemenuhan fasilitas mushola seperti rak untuk mukena dan Al Qur’an, pemberian pengharum ruangan, keset, dan alat-alat kebersihan seperti sapu lidi, sapu ijuk, kain pel, dan ember. Kemudian melanjutnya renovasi lapangan yaitu dengan mengecat lapangan. Kegiatan ini dilakukan hingga waktu zuhur.

Setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan kegiatan CFK (Chemistry for Kids), kegiatan ini bekerja sama dengan LMC (Laboratory Management of Chemistry) sebuah organisasi intra lab di prodi kimia. Kegiatan ini berupa praktikum sederhana dan aman yang dipraktikan kepada siswa-siswi SDN Dago 02. Praktikumnya terdiri dari Lava lamp, meniup balon menggunakan botol, elephant toohthpaste Setiap siswa atau siswi yang berani mencoba praktikum tersebut, akan mendapatkan hadiah dari panitia berupa snack dan celengan.

Bersamaan dengan kegiatan CFK, terdapat kegiatan demonstrasi penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang dilaksanakan oleh ibu-ibu Desa Dago, yang bertempatan di halaman belakang SDN Dago 02. Jenis tanaman yang ditanam antara lain sereh, kunyit, kumis kucing, jawer kotok, mahkota dewa, lengkuas, dan temulawak.

Kegiatan terakhir di hari ketiga CIV yaitu pembagian sembako kepada masyarakat yang sudah mendapatkan kupon dari ketua RT setempat. Masyarakat yang mendapatkan kupon wajib membawa kartu keluarganya untuk didata sehingga tidak ada keluarga yang mendapatkan sembako lebih dari batas yang sudah ditentukan. Pembagian sembako dilaksanakan di ruang kelas SDN Dago 02.

Pada hari keempat CIV, yaitu tanggal 17 Agustus 2023, beberapa panitia CIV mengikuti upacara Hari Kemerdekaan di Lapangan Utama Desa Dago bersama masyarakat Desa Dago dari berbagai penjuru, mulai dari Desa Dago Rabak, Dago Girang, Dago Hilir, dan seterusnya, para peserta didik dan tenaga kependidikan dari berbagai sekolah di Desa Dago, juga tokoh-tokoh masyarakat Desa Dago. Upacara ini dipimpin oleh Kepala Desa Dago yaitu bapak Muhdom. Setelah upacara, terdapat berbagai penampilan dari para peserta didik dari berbagai sekolah di Desa Dago, dan juga penampilan dari masyarakat setempat.

Panitia yang tidak mengikuti kegiatan upacara, mempersiapkan keperluan lomba 17 Agustus yang dilaksanakan di SDN Dago 02. Lomba ini diperuntukkan kepada seluruh siswa/i SDN Dago 02, dengan berbagai jenis lomba yaitu lomba makan kerupuk, balap kelereng, memasukkan paku ke dalam botol, kursi panas, joget balon, dan estafet tepung. Registrasi lomba siswa/i diatur oleh para guru sesuai kategori kelasnya sehingga lebih teratur dan tepat.

Bersamaan dengan lomba 17 Agustus untuk para siswa/i, dilaksanakan kegiatan CFE (Chemistry For Everyone) yaitu praktikum sederhana membuat pestisida nabati dari kulit bawang merah/putih. Melalui kegiatan CFE ini, masyarakat bisa lebih mengetahui tentang praktikum-praktikum sederhana yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari guna meminilimalisir penumpukan limbah yang semakin hari semakin meningkat. Pelaksanaan program kerja ini disertai dengan memberikan materi dan juga diadakannya demonstrasi langsung kepada masyarakat beserta team dari mahasiswa dengan menggunakan alat dan bahan sebagai medianya. Adanya kegiatan ini memberikan informasi kepada masyarakat khususnya kelompok tani terkait pemanfaatan limbah yang dapat di daur ulang kembali yang menghasilkan nilai guna yang tinggi Pestisida yang dihasilkan dibawa oleh ibu-ibu yang mengikuti praktikum.

Kegiatan terakhir yang dilaksanakan pada hari ke-4 ini adalah check up kesehatan gratis untuk kaum dewasa, khususnya lansia. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 80 orang warga Desa Dago Rabak, Bogor. Adapun jenis check up kesehatan yang disediakan oleh panitia adalah cek gula darah dan asam urat. Kegiatan ini bekerja sama dengan KSR PMI Unit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang bertugas memeriksa langsung setiap warga. Perwakilan dari KSR PMI Unit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang hadir pada saat kegiatan check up kesehatan terdiri dari 3 orang.

Hari kelima yaitu tanggal 18 Agustus, hari tersebut merupakan hari penutupan kegiatan CIV 2023. Sebelum acara penutupan dimulai, kami melanjutkan kegiatan belajar mengajar terlebih dahulu di SDN Dago 02. Anak-anak kelas 1-3 belajar materi IPS dan anak-anak kelas 4-6 belajar materi Bahasa Inggris. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba 17 Agustus serta pembagian hadiah, di mana perlombaannya telah dilaksanakan pada hari sebelumnya. Isi hadiah pemenang lomba kategori anak-anak terdiri dari snack, tempat makan, gelas plastic, kaos, alat tulis, dan botol minum.

Selanjutnya memasuki acara penutupan CIV 2023. Untuk acara penutupan sendiri hanya dilakukan di lapangan sekolah SDN Dago 02. Acara diawali dengan sambutan oleh kepada sekolah yang kemudian dilanjutkan oleh ketua pelaksana. Setelah sambutan, penutupan dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan yang disampaikan oleh para guru di SDN Dago 02 serta dari teman-teman panitia. Acara penutupan kemudian ditutup dengan pemberian plakat kepada Kepala Desa Dago dan sesi foto bersama. (AFT)